Sepeda lipat yang ada saat ini tidak terlepas dari sejarah perjalanan panjang penemuan sepeda lipat pada masanya. Ada klaim yang bersaing dari banyak penemu di berbagai negara yang berlomba-lomba untuk disebut sebagai penemu asli sepeda lipat. Sebagian besar dari klaim ini tidak dapat didokumentasikan dengan cara yang meyakinkan tetapi itu tidak berarti bahwa itu tidak selalu benar. Penemu pertama sebenarnya dari sepeda lipat mungkin tidak pernah diketahui dengan pasti, tetapi ada beberapa pesaing. Salah satu penemuan sepeda lipat yang didokumentasikan secara kredibel adalah oleh seorang penemu Amerika, Emmit G. Latta. Ia mengajukan paten di AS pada 16 September 1887 dan dikeluarkan pada 21 Februari 1888.
Kutipan dari paten tersebut berbunyi, “Tujuan dari penemuan ini adalah untuk menyediakan mesin yang aman, kuat, dan dapat digunakan, dan banyak lagi. mudah dikemudikan daripada mesin yang sekarang digunakan, dan juga untuk membuat mesin sedemikian rupa sehingga mesin yang sama dapat dilipat saat tidak diperlukan untuk digunakan, sehingga membutuhkan sedikit ruang penyimpanan dan memudahkan pengangkutannya.”
Latta menjual paten ini kepada Pope Manufacturing Company yang membeli lusinan paten terkait sepeda pada awal era sepeda di Amerika, termasuk paten sepeda kayuh AS pertama yang dikeluarkan untuk Pierre Lallement pada tahun 1866. Pope menjual sepeda dengan merek Columbia.
Tidak diketahui apakah sepeda Latta pernah dipasarkan oleh Paus karena belum ada contoh yang ditemukan. Latta juga menemukan beberapa becak lipat sekitar waktu yang sama dengan sepeda lipatnya dan menjual hak paten tersebut kepada Pope juga.
Dulac berhasil dalam usaha ini sehingga pada tanggal 5 Oktober 1894 Charles Morel dan Letnan Gérard menandatangani perjanjian untuk memproduksi dan mengkomersialkan sepeda lipat. Morel akan membiayai dan mengawasi produksi dan Gérard akan mempromosikannya. Produksi sepeda dimulai pada bulan April 1895 dan langsung sukses dengan pesanan yang melebihi kapasitas produksi dengan cepat.
Pada bulan Oktober 1895, sebuah toko ritel dibuka di Paris untuk menjual sepeda tersebut kepada publik. Gérard ditugaskan untuk memasarkan ke militer Prancis yang kemudian dipasok dengan 25 sepeda uji. Tentara Rumania dan Rusia juga memesan. Letnan Gérard berhasil menjual ide menggunakan sepeda lipat kepada tentara dan pada akhirnya ditugaskan di resimen tentara yang dilengkapi sepeda lipat dan akhirnya dipromosikan menjadi Kapten, terutama karena sepeda lipat ini.
Charles Morel membiarkan Gérard menjadi wajah publik dari usaha patungan sepeda lipat mereka, membuat semua orang percaya bahwa Kapten Gérard adalah bapak gagasan itu padahal sebenarnya Tuan Morel memiliki gagasan itu terlebih dahulu dan sepenuhnya mendanai usaha tersebut.
Setelah beberapa saat, Kapten Gérard mulai mempercayai hype ini sendiri dan menuntut Tuan Morel untuk apa yang dia anggap sebagai bagian yang adil dari keuntungannya. Hal ini menyebabkan perselisihan antara kedua pria yang berpuncak pada pembubaran kemitraan. Paten sepeda lipat tersebut akhirnya dijual kepada konsorsium Peugeot, Michelin, dan tentara Prancis dan mereka mengambil alih produksi sepeda tersebut pada tahun 1899. Sepeda lipat ini pertama kali muncul di katalog penjualan Peugeot pada tahun 1899, yang telah dipimpin oleh beberapa sejarawan. untuk secara keliru percaya bahwa itu diciptakan oleh Peugeot.
Jadi, apa yang kemudian dikenal luas sebagai “Sepeda lipat Kapten Gérard” sebenarnya bukanlah sepeda lipat pertama, karena sepeda Emmit Latta mendahuluinya selama beberapa tahun, juga tidak benar-benar ditemukan oleh Kapten Gérard. Namun, mungkin itu sepeda lipat pertama yang diproduksi dalam volume yang relatif besar. Henry Gérard terdaftar sebagai penemu bersama paten bersama dengan Charles Morel. Gambar pertama di bawah ini adalah gambar dari paten Inggris, yang kedua adalah foto sepeda, yang ketiga adalah ilustrasi bertanggal 1897 dari Revue Militaire Suisse yang menggambarkan anak buah Gérard sedang melakukan manuver militer dengan sepeda lipat mereka.
Prancis bukan satu-satunya negara yang menyadari potensi penggunaan sepeda lipat oleh militer. Sebuah artikel New York Times tertanggal 7 Februari 1897 melaporkan tentang sepeda lipat militer yang dipamerkan oleh Perusahaan Sepeda Lipat Dwyer di Danbury, Connecticut pada Pameran Siklus Nasional Ketiga yang diadakan di Grand Central Palace of Industry di New York City.
Sepeda lipat Dwyer kemungkinan besar dirancang oleh Michael B. Ryan yang disebutkan sebelumnya dalam garis waktu sejarah ini. Buktinya pada tanggal 13 Oktober 1896 ia mengajukan paten untuk sepeda lipat yang merupakan perbaikan dari desain sebelumnya dan gambar dari paten yang ditunjukkan di bawah ini sangat mirip dengan sepeda Dwyer. Juga, dalam brosur penjualan Dwyer disebutkan bahwa sepeda Dwyer dilengkapi dengan “Ryan Adjustable Handlebars” dimana Michael B. Ryan ditemukan memegang paten. Baik Ryan dan Perusahaan Sepeda Lipat Dwyer berbasis di Connecticut. Ryan terus melakukan penyempurnaan dan mengajukan paten sepeda lipat, yang salah satunya mungkin menjadi dasar bagi sepeda lipat militer lain yang muncul di Eropa karena desainnya cukup mirip.
Banyak negara lain menggunakan sepeda lipat secara militer dan ada beberapa pabrikan dari mereka mulai tahun 1890-an seperti Styria (Austria), Dursley-Pedersen (Inggris), Faun (Inggris), Seidel & Naumann (Jerman), Fongers, Burgers ( Holland), Peugeot (Prancis), Bianchi (Italia), Leitner (Rusia), Katakura (Jepang) antara lain. Produsen sepeda lipat militer yang paling terkenal adalah perusahaan Inggris BSA (Birmingham Small Arms). Mereka memproduksi ribuan sepeda lipat untuk digunakan dalam PD I dan PD II. Di bawah ini adalah contoh awal sepeda lipat militer BSA yang digunakan oleh pasukan terjun payung.
Di AS, Columbia memproduksi sepeda sekitar tahun 1942 yang disebut Compax untuk penggunaan militer oleh pasukan terjun payung. Sepeda ini, terlihat di bawah pada gambar pertama, kadang-kadang disebut sebagai sepeda lipat. Namun, sebenarnya tidak terlipat, melainkan bingkainya dibongkar menjadi dua bagian, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, foto kedua, dalam versi sipil dari motor tersebut.
Menjelang akhir PD II, Raleigh di Inggris juga merancang sepeda lipat militer tetapi hanya dibuat prototipe dan tidak pernah diproduksi. Beberapa sepeda lipat diproduksi selama Perang Dunia II untuk digunakan konsumen. Namun, ada satu sepeda yang layak disebutkan, Le Petit Bi dari Prancis yang ditampilkan di bawah dalam iklan majalah. Beberapa teks, terutama di Prancis, secara keliru mengklaim bahwa ini adalah sepeda lipat roda kecil pertama di dunia. Faktanya adalah bahwa rangkanya tidak benar-benar terlipat, hanya setang yang dilipat seperti yang mereka lakukan pada Katakura Porta-Cycle Jepang, rangkanya benar-benar terpisah.
Pada tahun 1970-an, minat pada sepeda lipat benar-benar meningkat dengan lusinan pabrikan di banyak negara yang memproduksi sepeda lipat. Mungkin sepeda lipat paling terkenal dan sangat populer dari dekade ini adalah Raleigh Twenty yang dibuat di Inggris dan Selandia Baru. Awalnya diperkenalkan sebagai model Stowaway pada tahun 1971, dan diproduksi hingga 1984. Sepeda ini terkenal karena dibuat dalam jumlah yang relatif besar dan juga karena membantu mempopulerkan persneling hub internal, khususnya hub 3 kecepatan Sturmey-Archer.
Tahun 1980-an dimulai dengan dua peristiwa penting dalam sejarah sepeda lipat. Pertama, Andrew Ritchie mulai memproduksi sepeda lipat Brompton pada tahun 1981. Kemudian pada tahun 1982, Dr. David Hon, seorang ahli fisika, mulai memproduksi sepeda lipat Dahon yang pertama. Baik Brompton dan Dahon masih menjadi merek sepeda lipat terpopuler saat ini. Dahon telah menjadi produsen sepeda lipat terbesar di dunia dengan rangkaian produk yang luas dan pangsa pasar sekitar 60%. Pada tahun 1987 Montague Bikes didirikan oleh Harry dan David Montague, ayah dan anak, untuk memproduksi sepeda lipat ukuran penuh yang menjadi cukup populer.
Popularitas sepeda lipat telah berkembang secara relatif lambat selama bertahun-tahun, tetapi belakangan ini meningkat pesat karena kegunaannya sebagai bagian penting dari transportasi multi-moda terutama di Eropa, Asia, dan kota-kota besar di Amerika Serikat. Saat ini terdapat lebih dari 175 produsen sepeda lipat yang memproduksi segudang model sepeda lipat dan jumlahnya terus bertambah. Sepeda lipat listrik semakin populer dan banyak produsen sepeda lipat tradisional mulai menawarkan model listrik, terutama di Asia dan Eropa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar